Pada tanggal 26 Juli 2017 di Beijing China, Xiaomi resmi meluncurkan MIUI 9. MIUI ini berbasis android 7.0 Nougat ini mempunyai berbagai fitur baru. Namun sayang fitur - fitur tersebut kebanyakan masih mengunakan bahasa China dan kemungkinan akan berbeda untuk versi global nantinya. Berikut fitur- fitur dari MIUI 9

Inilah fitur-fitur dari MIUI 9


1. Smart Assistant


Fitur ini berguna untuk mencari semua hal yang ada didalam smartphone seperti jadwal, memo, kontak, dan masih banyak lagi. Fitur ini mendukung perintah text, jadi harus dilakukan pengejaan dengan keakuratan tertentu.

2. Smart App Launcher


Fitur ini sangatlah berguna untuk relasi dari suatu aplikasi  ke aplikasi lain ketika melaksanakan sebuah kegiatan, aplikasi yang direkomendasikan ditampilkan sesuai dengan konten yang sedang dibuka.

Misalkan kamu sedang membaca atau membuka kegiatan tentang lokasi maka ponsel akan merekomendasikan aplikasi yang sesuai dibawah layar misalknya google maps atau aplikasi sejenis.

3. Image Searching



Inilah fitur unggulan ketiga dari MIUI 9. Image searching berguna untuk memfilter foto atau gambar sesuai dengan kata kunci yang diketikan fitur ini sedikit mirip dengan "Google Photos". Misalkan kamu mengetikan keyword "selfie", maka akan mucul foto-foto yang diambil dari kamera depan.

Atau keyword "home" maka smartphone akan menampilkan foto yang berisi gambar-gambar buku, tidak cukup dengan itu, fitur ini juga dapat digunakan untuk mencari foto berdasarkan lokasi, ekspresi, acara, dokumen dan foto screenshot.

4. Lightning Fast System


Untuk fitur ini belum ada penjelasan yang signifikan dari vendor asal china ini, menurut kabarnya fitu ini digunakan untuk mengoptimalkan kinerja dari lampu flash kamera belakang. 


5. Split-Screen Multitasking



Inilah fitur yang sangat berguna ketika melakukan aktifitas multitasking sehari-hari, fitur ini mirip seperti fitur multitasking yang terdapat pada smartphone keluaran samsung. Dengan mengunakan fitur ini kamu dapat membuka 2 aplikasi pada 1 layar, misalkan pada bagian atas kamu membuka "Video" sedangkan dibagian bawah kamu membuka "pesan" maka layar akan terbagi untuk memastikan optimalnya aplikasi itu digunakan secara bersamaan.
Untuk mengunakan fitur ini hanya perlu menekan tombol Recent kemudian pilih button yang bertuliskan "Split Screen Mode" yang ada disebelah kanan atas layar.

6. System Optimizations



MIUI adalah UI yang terkenal berat untuk dijalankan, sebab itu pada MIUI 9 ini akan dibuat lebih cepat dan ringan dengan adanya fitur System Optimizations, Fitur ini berguna untuk membersihkan sampah yang tertinggal, pengoptimalan CPU, chace management, optimasi thread schedulling dan masih banyak lagi.

7. Dynamic Resource Allocation


Fitur ini berguna untuk memprioritaskan kinerja aplikasi yang tengah berjalan, jadi jika kamu sedang menjalankan banyak aplikasi maka sistem akan memprioritaskan aplikasi yang akan mendapatkan tindakan lebih cepat dan lancar


Kesimpulan 

Itulah sedikit pembahasan dari fitur-fitur MIUI 9, diharapkan fitur-fitur tersebut dapat membuat user merasakan sensasi yang diharapkan. MIUI 9 baru tersedia pada ROM CHINA perkiraan sebulan kedepan akan tersedia untuk ROM GLOBAL dan sudah bisa didownload untuk seluruh pengguna ponsel Xiaomi yang mendapatkan update MIUI 9 diseluruh dunia.